Goodwill dari Akuisisi

Goodwill dari Akuisisi - Apabila berbicara tentang akuisisi, merger, dan konsolidasi pasti kita akan ingat tentang sesuatu yaitu goodwill. Berbicara tentang goodwill, kira-kira apakah yang teman-teman pikirkan tentang goodwill ? Goodwill adalah aset yang diklasifikasikan sebagai aset tak berwujud. Pada kasus kombinasi bisnis di mata kuliah Akuntansi keuangan Lanjutan, goodwill muncul ketika entitas melakukan akuisisi terhadap entitas lain dan akan diakui entitas yang melakukan akuisisi. Singkat katanya, goodwill muncul ketika entitas pengakuisisi membeli aset bersih entitas yang diakuisisi lebih tinggi daripada Nilai Wajarnya. Untuk lebih lengkapnya, akan disampaikan di ulasan Goodwill dari Akuisisi di bawah ini.

Goodwill dari Akuisisi

Goodwill dari Akuisisi - Penyebab Muncul Goodwill

Ketika meneliti latar belakang dari penyebab munculnya goodwill, tentu masing-masing perusahaan mempunyai penyebab yang berbeda beda.Namun, pada garis besarnya sama saja.Pihak pengakuisisi bersedia membayar lebih mahal karena beberapa faktor diantaranya :

  1. Jaringan pemasaran yang menjanjikan
  2. Teknologi yang lebih bagus
  3. Keandalan SDM yang dimiliki
  4. dan faktor-faktor lainya

Goodwill dari Akuisisi - Cara menghitung Goodwill


Goodwill = (imbalan yang dialihkan + kepentingan ekuitas sebelumnya yang dimiliki pihak pengakuisisi + kepentingan non-pengendali) - Aset bersih teridentifikasi  
Aset bersih teridentifikasi berasal dari pengurangan nilai wajar aset dikurangi liabilitas entitas yang diakuisisi. Dalam kasus akuisisi aset dan liabilitas, goodwill diakui dalam laporan posisi keuangan pihak pengakuisisi. Sedangkan, dalam akuisisi saham goodwill yang muncul diakui dalam saldo investasi dalam laporan posisi keuangan pihak pengakuisisi dan akan diakui secaraterpisah dalam laoran keuangan konsolidasian. Untuk lebih jelasnya ? silahkan dipahami contoh soal berikut ini :


Goodwill dari Akuisisi - Contoh soal menghitung Goodwill

Diketahui aset bersih PT. Kudanil adalah 280.000 
PT. Doku mengalihkan imbalan senilai 352.000 untuk mengakuisisi aset teridentifikasi PT. Kudanil. PT. Doku mengeluarkan 20.000 untuk biaya legal dalam proses akuisisi. Maka Goodwill yang teridentifikasi adalah ? 

Imbalan yang dialihkan                               352.000
Kepentingan yang dimiliki sebelumnya            -
Kepentingan non-pengendali                            -
Jumlah                                                          352.000
Aset bersih teridentifikasi                            280.000
Goodwill                                                        72.000


Nah, mudah sekali bukan cara menghitung goodwill dari Akuisisi ? Mungkin sekian dari saya yang melanjutkan dari bab kombinasi bisnis. Sampai berjumpa kembali!


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »