Konsep Biaya dalam Akuntansi biaya

Konsep Biaya dalam Akuntansi biaya - Konsep biaya yang telah berkembang sekarang ini sesuai dengan kebutuhan para akuntan,ekonom dan insinyur.Seorang akuntan akan mendefinisikan biaya sebagai "suatu nilai tukar,pengeluaran,atau pengorbanan yang dilakukan untuk menjamin perolehan manfaat.Dalam akuntansi keuangan,pengeluaran atau pengorbanan pada tanggal akuisisi dicerminkan oleh penyusutan atas kas atau aset lain yang terjadi pada saat ini atau di masa yang akan datang.Konsep Biaya dalam Akuntansi biaya akan menjelaskan tentang istilah biaya,agar nantinya para calon akuntan tidak bingung dengan perbedaan antara biaya dan beban.



Konsep Biaya dalam Akuntansi biaya

Konsep Biaya dalam Akuntansi biaya - Biaya ( Cost)

Konsep Biaya dalam Akuntansi biaya - istilah biaya biasanya digunakan sebagai sinonim dari beban (expese).Tapi,ternyata beban sendiri mempunyai definisi yang sebenarnya berbeda dengna definisi dari biaya.Definisi dari beban adalah arus kas keluar yang terukur dari barng atau jasa,yang kemudian dibandingkan dengan pendapatan untuk menentukan laba.Contoh kasus gampang nya agar teman-teman bisa membedakan antara beban dan biaya adalah sebagai berikut :

Contoh Logika 1

Perusahaan PT.Tahu Sejahtera membeli bahan baku kedelai secara TUNAI.Karena pembelian ini menggunakan secara tunai,maka tidak ada aset berseih yang terpengaruh sehingga tidak perlu adanya pengakuan beban.Mengapa ? karena sumberdaya perusahaan hanya dirubah dari kas menjadi persediaan bahan baku.Akan tetapi,ketika persediaan bahan baku tersebut dirubah menjadi barang jadi dan kemudian dijual,maka biaya dari bahan baku tersebut dibukukan sebagai beban di laporan laba rugi.

SETIAP BEBAN ADALAH BIAYA,TETAPI TIDAK SETIAP BIAYA ADALAH BEBAN

Konsep Biaya dalam Akuntansi biaya - Biaya (Cost) dan Beban (expenses)


Dalam membedakan antara biaya dan beban sebenarnya cukup mudah,tetapi teman-teman terkadang bingung karena perbedaan keduanya yang begitu sedikit membuat kita menjadi bingung.Berikut ini mungkin saya berikan sedikit perbedaan yang bisa ditemukan oleh dosen saya :


  • Biaya : Pengorbanan sumber ekonomi yang biasa diukur dalam satuan uang untuk tujuan tertentu.Biasanya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : telah terjadi atau akan terjadi,dikeluarkan untuk tujuan tertentu.
  • Beban : Biaya yang telah habis pakai yang biasanya dikurangkan dari pendapatan.
  • Contoh simple dari keduanya adalah sebagai berikut :
    • Pembayaran biaya PDAM merupakan termasuk beban (expenses) 
    • Biaya pembelian kran air,pipa dan alat lainya untuk pengaliran air PDAM merupakan termasuk Biaya (cost)
Mudah bukan ? teman-teman tidak perlu merasa kesulitan kok.



Konsep Biaya dalam Akuntansi biaya - Jenis biaya dan deskripsinya

Konsep Biaya dalam Akuntansi biaya - Teman-teman coba pahami konsep di atas,istilah biaya menjadi lebih spesifik ketika dimodifikasi dengan deskripsi seperti langsung,utama,konversi,tetap,variabel,terkendali,periode,dan lainnya.Setiap modifikasi tersebut mengimpplikasikan suatu atribut tertentu  yang penting dalam pengukuran biaya.Biaya tersebut dicatat dan diakumulasikan ketika manajemen membebankan biaya ke persediaan,menyusun laporan keuangan,merencanakan dan mengendalikan biaya,membuat perencanaan dan ketika pengambilan keputusan.Sebagai seorang akuntan,nantinya akan banyak jenis biaya yang akan ditemui diantaranya adalah biaya masa depan,biaya penggantian,biaya diferensial,biaya oportunitas yang semuanya tidak dicatat dan dilaporkan dalam laporan keuangan eksternal.

Konsep Biaya dalam Akuntansi biaya - Di atas telah saya sebutkan beberapa jenis biaya,nah sekarang saya akan mendeskripsikan beberapa biaya tadi dan menambahkan beberapa jenis biaya yang belum disebutkan di atas :

  1. Biaya Langsung (direct cost) : biaya yang dikeluarkan untuk membiayai keperluan yang harus dibiayai.Contoh : Gaji karyawan,pembelian bahan baku.
  2. Biaya tidak langsung (indirect cost) : Biaya yang dikeluarkan untuk membiayai hal-hal yang sifatnya tidak langsung.Contoh : biaya overhead pabrik dan beberap hal yang berkaitan dengan proses produksi.
  3. Biaya eksplisit (explicit cost) : Biaya yang ketika dikeluarkan nantinya biaya tersebut tercantum dalam pembayaran kas
  4. Biaya implisit (implicit cost) : Biaya yang dikeluarkan tapi tidak tercantum dalam pembayaran kas.
  5. Biaya variabel : biaya yang nominalnya bergantung pada output atau hasil dari produksi.Semakin besar hasil produksi maka semakin besar pula biaya variabel nya.
  6. Biaya tetap : biaya yang nominalnya tidak bergantung pada jumlah produk yang dihasilkan.yang termasuk dalam biaya tetap adalah biaya penyusutan mesin pabrik.
  7. Biaya opportunity : biaya yang muncul akibat pengorbanan kesempatan tertentu.
  8. Biaya sebenarnya : biaya yang benar-benar dibayarkan sesuai dengan aktivitas yang dilakukan.


Mungkin itu dulu dari saya,semoga materi Konsep Biaya dalam Akuntansi biaya akan bermanfaat bagi teman-teman semuanya yang sedang menempuh mata kuliah akuntansi biaya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »